SEKILAS INFO

     » SELAMAT DATANG DI WEBSET RESMI KECAMATAN KEBONSARI
Jumat, 19 Juni 2015 - 19:44:03 WIB
Hindari Makanan Ini Saat Berbuka Puasa

Diposting oleh : Baskoro Widha Mandala.S.Sos
Kategori: Tentang Romadhon - Dibaca: 216 kali

Waktu berbuka puasa, menjadi salah satu momen yang paling dinanti ketika bulan Ramadhan tiba. Momen buka puasa bahkan sering dijadikan ajang kumpul keluarga untuk saling silaturahmi dan makan bersama.

Berbagai hidangan lezat seringkali disediakan. Mulai dari yang manis, berkuah, bersantan hingga berasa pedas. 

Terlepas dari jenis makanan berbuka, setiap orang pasti tahu bahwa saat berpuasa, setiap orang diharuskan mengonsumsi makanan sehat. Namun, hal penting ini justru seringkali diabaikan.

Lovely Ranganath, ahli gizi senior di Healthtrendz, seperti dilansir Gulfnews mengatakan, makanan sehat seringkali diabaikan, dan mereka cenderung memilih mengonsumsi makanan berbahaya untuk kesehatan tubuh.

"Beberapa orang mengabaikan makan sehat selama Ramadhan ketika fokusnya adalah pada kebersamaan dengan keluarga dan teman-teman serta berbagi makanan," kata Lovely.

Ini, bulan ketika wanita menampilkan kemampuan memasak mereka. Orang cenderung makan lebih banyak dari yang seharusnya. Dengan cuaca yang panas dan lembap, mereka lebih memilih untuk tinggal di dalam ruangan, yang bisa menambah masalah kesehatan mereka. 

Lovely pun merekomendasikan, agar hanya makanan sehat yang dikonsumsi saat berbuka. Dan katanya, akan lebih baik jika Anda menghindari dua makanan ini ketika berpuasa. 

Makanan pedas

Makanan ini membuat lapisan perut sensitif pasca puasa. Memberikan asupan makanan pedas saat berbuka puasa dapat menyebabkan gas dan mulas.

Makanan yang digoreng 

Bakwan, samosa, lumpia, dan aneka gorengan lainnya sering dijadikan hidangan berbuka. Tapi perlu Anda tahu, makanan ini tak mengandung nutrisi. Makanan ini justru sarat dengan lemak yang sulit diproses oleh hati. Mereka disimpan jauh sebagai jaringan lemak. Makanan ini bisa menghambat saluran pencernaan dan menyebabkan keasaman. (adm/bas)